This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Sabtu, 27 November 2010

WISATA GOA AKBAR


Goa Akbar terletak di Kabupaten Tuban Jawa Timur di pinggir pantai. konon katanya dari sumber menyebutkan bahwa goa Akbar ditemukan oleh seorang tukang sampak yang sedang mengais mencari sampah. ketika orang tersebut berjalan tiba tiba tanah dibawahnya bergerak senndiri. menjadi kagetlah orang tersebut. lalu beramai ramai dilakukan pengecekan, kenapa gerangan ngak ada angin ngak ada hujan kok bisa bergerak sendiri pasti ada yang anneh. lalu berbondong bondonglah masyarakat sekitar mengecek kejadian aneh tersebut. ternyata ngak di sangka dan diduga (jeng Jenng Jeng) di bawah gundukan sampah terdapat sebuah lubang mulut gua yang sangat besar mengganga begitu luas. lalu oleh pemerintah kabupaten di lakukan pembersihan dilakukan pembangunan pembanguna agar goa tersebut bisa di gunakan sebagai tempat rekreasi yang dapat menghasilakn devisa atau pendapatan bagi amasayarakat sekitar goa Akbar, maupun bagi pemerintahan kabupaten Tuban ini. Goa akbar terletak di tengah tenngah pasar Gedhe Kabupaten Tuban yang jaraknya kurang lebih 500 M dari alon alon kota Tuak Tuban. diatas gua dilakukan aktifitas jual beli para pedagang dan pembeli karena di atas goa terdapat pasar. keindahan goa akbar sangat menakjubkann banyak para pengunjung yang terkagunm kagum akan keindahan stalakmit dan stalakmit dari goa yang runcing runcing dan turun kebawah dengan keindahan yang tiada tara. di dalam goa disediakan lampu lampu sebagai penerangan dan sebagai penujuk jalan dalam menelusuri setiap lorong lorong kegelapan. udara didalam goa sungguh sangat dingin dan begitu sejuk. di dalam goa terdapat arus sunggai yang entah berantah sumbernya darimana karena muncul begitu saja dan mengalir di setiap lorong lorong jalan yang telah di sediakan. dan berakhir langsung masuk ke dalam tanah kembali, tetapi airnya sangat sejuk tak satupun ada tanda tanda adanya polusi atau pencemaran air karena di dalam goa begitu alami. batu batuan runncing nan indah menggantund di antara langit langit goa dengan tetesan air yang keluar dari setiap ujung ujug runcing batu. konon katanya batu tersebut hidup(maksudnya adalah batu tersebut bisa berkembang terus dan lama lama menjadi besar)banyak diantara masyarakat sekitar menggunakan tempat wisata Goa Akbar sebagai tempat untuk menghilagkan sters dan kelelahan dalam beraktifitas sehari hari. masih banyak tempat tempat rekreasi di daerah tubah yang belum ada tindakan yang posifit baik dari pemerintah pusat maupun daerah. seyogyanya kita dapat melestarikan dan merawatnya dengan sebaik baiknya karena bagaimanapun dapat meberikan devisa dan pendapatan bagi masyarakat. cukup sekian dulu yang dapat saya sampaikan bila ada kurang atau lebihnya saya mengucapkan mohon maaf yang sebesar besarnya karena manusia tempatnya segala kesalahan dan kesempurnaayn hanya milik NYA. Wassalam salam sukses selalu. slalu kunjungin blog ini karena banyak inofasi inofasi yang tak terduga hadir di hadapan anda skalian. wassalam borw..............

EVALUASI PEMBELAJARAN


EVALUASI PEMBELAJARAN

1. KONSEP PEMBELAJARAN

Dalam pembelajaran di sekolah ataukhusunya di kelas, guru adalah pihak yang paling bertanggung jawab atas hasinya, sehingga guru perlu dibekali dengan evaluasi sebagai ilmu yang mendukung tugasnya, yakni mengevaluasi haisl belajar siswa. Dalam hi ini guru bertugas mengukur apakah atas atas bimbingan guru siswa sudah meguasai ilmu yang dipelajari sesuai dengan tujuan yang dirumuskan.
Dalam konsep lama, prestasi belajar adalah hasil dari kegiatan belajar mengajar semata. Artinya proses belajar mengajar adalah suatu factor determinan bagi hail belajar. Pendapa ini sudah tidak berlaku lagi. Proses belajar mengajar bukanlah satu satunya factor yang menentukan prstasi belajar siswa, karena prestasi merupakan hasil kerja (input), maka lulusan dari sekolah itu dapa disamakan dengan hasil olahannya(out put). Dalam instilah inovasi yang menggunakaan teknologi tempat pengolah itu disebut informasi. Dalam konteks pembelajaran di sekolah tranformasi adalah seluruh factor yang menentukan kegiatan pembelajaran, yang meliputi;
 Siswa itu sendiri
 Guru dan personal lainnya
 Bahan pembelajaranmetode mengajar dan sisetem evaluasi
 Sarana penunjang
 Dan system administrasi yang mendukunng.

Dalam prosesnya terdapat umpan balik yang diperlukan untuk emperbaiki input maupun transformasi.

2. MAKNA PENILAIAN

Dalam pembelajaran, penilaian mempunya beberapa maknna, bagi sisewa, guru maupun sekolah.
Bagi sisa, dengan penilaian siswa dapat mengetahui sejauh mana telah berhasil dalam mengikuti pelajaran yang diberikan guru,. Hasilnya mungkin memuaskan belajarnya sehingga lain kali hasilnya lebih memuaskan lagi atau sebaliknya, merasa puas dan krurang giat untuk belajar. Kalau hasinya tidak memuaskan, mungkin ia akan berusaha lebih giat lagi atau sebbaliknya menjadi putus asa.
Bagi guru, dengan penilaian guru dapat mengetahui tentang
1. tingkat keberhasilan siswa , apakan sisswa sudah menguasai pelajaran atau belum, denang siswa yang belum berhasil.
2. ketepatan materi ang dibeerikan untuk digunakan pertimbangan dalam penetapanmateri berikutnya, dan
3. ketepatan metode pembelajaran yang dilakukan, sehingga guru dapat mawas dri terhadap upaya yang ditempuhnya.
Bagi sekolah, dengan penilaian dapa diketahui bagaimana hasil belajar siswa siswanya, kesusuaian kondisi belajar, kesesuaian kurikulum, kalitas pembelajaran yang dilangsungkan, dan sebagainya.
Sesuai dengan urutan kejadiannya, dalam proses transformasi penilaian dapat dibedakan atas tiga jenis, yaitu penilaian sebelum, selama dan sesudah terjadi proses pembelajaran.

KONSEP DASAR EVALUASI


Evaluasi bukan monopoli dunia persekolahan atau milik guru saja, sebab faktanya setiap saat setiap manusia tidak lepas dari pekrjaan evaluasi melalui kegiatan PENGUKURAN ( Meeasurement) dan PENILAIAN (evaluation).
Misal;
ketika seorang ditawari untuk memilih antar dua cincin emas yang tidak sama beratnya, tentu kita tidak memilih yang lebih berat atau gramnya lebih banyak kecuali ada alasan tertentu, atau ketika kita berbelanja di pasar membeli jeruk, maka kita akan memiliki jeruk yang lebih baik menurut ukuran kita. misalnya yang besar, kuning, dan kualitasnya halus karena berdasar pengalama jeruk demikian yang rasanya manis.

dari contoh di atas, sebelm kita menentukan pihihan kita mengadakan penilaian terlebih dahulu, dan sebelum melakukan penilaian dahulu melakukan pengukuran. kita tidak dapat melakukan pengukuran. kita tidak dapat melakukan penilainan sebelum melakukan pengukuran. dalam contoh petama sebelum kita memilih, kita menilai dulu mana cincin mana yang lebih berat, dan untuk mengetaui mana yang lebih berat perlu melakukna pengukuran dahulu, dnengan menimbangnya sehingga deketahui gramnya. dalam contokh kedua sebelum kita menentukan pilihan, kita menilai dahulumana jeruk yang kita kira rasanya manis

EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN


Evaluasi pembelajaran adalah sistem. Artinya suatu rangkaian kegiatan yang melibatkan berbagai unsur sebagai satu kesatuan. Maising masing unsur akan berpengaruh pada unsur yang lainnya.
Dalam dunia pendidikan, Evaluasi merupakan suatu kegaiatan yang tak terpisahkan dan sama pentingya dengan proses pembelajaran. Pembelajaran tanpa kegiaan evaluasi akan kehilangan makna. Sebab gutu tidak akan memeproleh informasi penting tentang tingkat pencapain tujuan, tingkat penguasaan materi belajar, kekuatan kelemahan sisawa dalam belam belajar, serta kekuatan kelemahan guru dalam proses pembelajaran yang dikembangkan.
Walaupun evalusasi di angap penting dan sudah merupakan pekrjaan rutin guru, namun dalam kenyattaannya sehari hari di lapang sistem evaluasi dalam pembelajaran bukan berarti tanpa persoalan. berdasarkan pengamatan sepintas di lapangan, beberapa persoalan tersebut paling tidak berkaitan dengan pemahaman konsep dasar evaluasi, pelaksanaan dan pemanfaatannya, serta evaluasi program pengajaran. hal hal ini yang selanjutnya akan dijadikan kajian pokok dalam tulisan ini. tulisan ini juga perlu perdebatan dan kajian lebih lanjut khususnya dikaitakan dengan persamaan dan perbedaan dengan pembelajaran dan atau siswa yang lainnya.

Jumat, 26 November 2010

KLASIFIKASI NEGARA


Seperti yang telah dikatakan, bahwa pokok pembicaraan dalam klasifikasi negara ini adalah masalah masalah mengenai kemungkinan kemungkinan dapi pada bentuk negara; artinya suatu yang dinamakan negara itu mempunyai kemungkinan bentuk apa saja. Jadi tegasnya tidak akan dibicarakan entuk bentuk negara yang telah ada, dalam beberapa hal hanya diambil sebagai contoh untuk menjelaskan, tetapi yang pokok yang akan dibicarakan adalah ajaran ajarannya, yaitu ajaran ajaran mengenai klasifikasi bentuk bentuk negara.
disamping hal hal yang telah dibicarakan di muka, antara lain ; asal mula negara, hakekat negara , tujuan negara, legitimasi kekuasan, maka teori tentang bentuk bentuk negara dan bentuk bentuk pemerintahan wajib mendapatkan perhatian seperlunya, karena hal ini adalah penting sekali. pentingnya itu karena hal tersebut dapat menolong dalam mengartikan dan menempatkan tiap tiap gejala baru yang disebut negara yang ditemukan di dalam penyeledikan selanjutnya.
maka dari itu, hal ini adalah merupakan salah satu tugas pokok dai pada ilmu negara. sejak timbulnya pemikiran tentang negara dan hukum orang talah membicarakan kemungkinan kemungkinan dari pada bentuk negara, akan tetapi perlu diketahui bahwa hal ini sampai sekarang belum mendapatkan kesatuan pendapat dari para ahli pemikir tersebut. hal ini antara lain desebabkan karena;
## Negara, itu sebenarnya adalah merupakan suat prose yang setia waktu dapat mengalami perubahan, perubaha mana adalah sesuai dengan keadaan. kita ingat misalnya pada teori teori yang telah kita bicaakan, antara lain teroi teori tentang bentuk negara dari Plato, Aristoteles, dan Plybius.

ASAL MULA SEBUAH NEGARA


Kapankah tibulnya ilmu negara; adanya pemikiran tentang negara dan hukum tidaklah bersamaan dengan adanya negara, negara adalah mendahului, jadi tegasnya adanya pemikiran tentang negara dan hukum tidaklah setua ur dari muai adaya negara. jauh sebelu adanya pemikirantentang negara dan hukum, negara telah ada, kita ingat misalnya adanya negara negara; babylonia, mesir dan assyria. negara negara ini adanya sekitar abad ke XVIII sebelum masehi, dengan sistem pemerintahanya yang sangat absolut
tatapi di samping itu pada jama bangunannya perdaban manusia adalah juga raja raja yang menjami hak hak dari pada para warga negaranya. raja yang berbuat demikian kiranya adalah raja dari babylonia yang bernama Chammurabi yang memerintahkan sekitar tahun 1800 SM yang terkenal mempersatukan negaranya yang semula terpecah belah.

Rabu, 24 November 2010

WISATA GOA NGERONG


Kenapa disebut juga dengan Goa ngerong, karena bentuk dan rupa goa tersebut menjorok ke dalam dan diatas goa tersebut banyak dihuni rumah rumah penduduk. di darat dibagian mulut gua bagian luar di huni berbagai makluk makluk malah seperti kelelawar, dan orang jawa menyebutnya dengan Lowo. tapi bukan lowo ijo yang filemnya pernah ngetren di jaman dahulu, kelelawaar ini bermulut mocong dan keluarnya hanya pada malam hari mencari buah buahan segar di sekitar mulut gua. konon katanya kelelawar kelelawar tersebut ada yang menjaganya, hingga penduduk sekitar Goa tidak berani mengusik dan menggangunya. di dalam air mulut gua dihuni oleh makluk makluk air seperti ikan bandeng, ikan lele dan makluk makluk lainnya. makluk makluk air tersebut juga tidak ada yang berani mengusik bahkan untuk mengambilnya. karena konon katanya menurut sumber masyarakant sekita goa ngerong bahwa sannya siapa yang berani mengambil bahkan menggusiknya maka penunggu ngerong akan marah dan mmencari orang tersebut. goa ngerong memiliki mistri yang belum terungkapkan. dahulu kala ketika dilakukan penjelajahan kedalam gua oleh tim tim exspedisi goa berpengalaman. expedisi dilakukan dengan menggunakan lampu petromak dilakukan berhari hari hinngga mencapai kedalaman sumber. bahwasannya goa tersebut berada pada titik sumberan ke dalam tanah, entah dari mana datannya air tersebut. menurut konon cerita masyarakat sekitar goa ngerong bahwa sannya iar tersebut bersumber dari laut kidul. benarkah akan mitos tersebut??
didalam goa ngerong terdapat pemandangan yang sangat exsotis dan menarik untuk dilihat. masayrakat sekitar goa sering mengggunakannya sebagai tempat rekreasi liburan akhir pekan. bahkan masyarakat laen daerah banyak yang berbondong bondong untuk menggunjungi goa alami tersebut.
Goa Ngerong terletak di Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban Jawa Timur sebelah utaranya Kota Tuban Dan Sebelah Selatannya Kecamatan Soko. apabila anda tertarik dengan goa ngerong segera datang dan saksikan sendiri keindahan dan ketakjuban penciptaan tuhan yang maha esa yang tak terhingga.
disamping keindahan dan ke exsotisan goa airnya tersebut sangan jernih dan bersih. banyak masyarakat sekitar yang menggunakan sebagai tempat untuk mandi, mencuci dan untuk saluran irigasi untuk mengairi sawah para penduduk sekitar lokasi goa.

Selasa, 23 November 2010

OBYEK ILMU NEGARA


Obyek atau lapanga pembicaraan ilmu Negara adalah negara, penyebutan inni sebetulnya adalah baru sepinta kilas saja ssuai dengan nama ilmu yang kita bicarakan. tetapi kalau kita memperhatikan betul betul, susunggunya ilmu yang membicarakan negara itu tidak saja illmu negara, melaninkan masih banyak ilmu ilmu lainnya yan juga membicarakan negara. oleh karena itu dalam menentukan obyek Ilmu Negara ini pertama tama kita harus mengetahui terlebih dahulu ilmu ilmu yang manakah yang mempunyai hubungan erat dengan ilmu negara bertalian dengan obyeknya itu. tentunya dalam penentuan hubungan ini kita harus berpedoman kurikulum yang dilaksanakan.
kalau kita memperhatikan kurikulum tersebu maka akan segera dapat diketaui, bahwwa yang mempunya hubunga erat dengan Ilmu Negara adalah;
1. Hukum Tatanegara
2. Hukum Tatapemerintah

Minggu, 21 November 2010

RATAPAH HATI


Hari ini adalah hari minggu tepatnya tanggal 21 November 2010 aku duduk termenung di depan leptop sambil mendengarkan lagu lagu mp3 tanpa seorang teman, yang aku bisa hanya mengetikkan sebuah tulisan untuk posting blog aku ini. hari ini hatiku sedikt sakit walaupun tidak begitu parah, entak kenapa yang pasti ada sebuah masalah yang sedikit mengganjal di hati.semoga esok hari hariku akan lebih baik dari pada hari ini dan semoga di masa depan dapat menjalani hidup dengan kedewasaan. sering aku berfikir apa arti hidup ini kalo tidak dimanfaatkan untuk hal hal yang lebih baik bermmanfaat bagi sesama