Sabtu, 27 November 2010

KONSEP DASAR EVALUASI


Evaluasi bukan monopoli dunia persekolahan atau milik guru saja, sebab faktanya setiap saat setiap manusia tidak lepas dari pekrjaan evaluasi melalui kegiatan PENGUKURAN ( Meeasurement) dan PENILAIAN (evaluation).
Misal;
ketika seorang ditawari untuk memilih antar dua cincin emas yang tidak sama beratnya, tentu kita tidak memilih yang lebih berat atau gramnya lebih banyak kecuali ada alasan tertentu, atau ketika kita berbelanja di pasar membeli jeruk, maka kita akan memiliki jeruk yang lebih baik menurut ukuran kita. misalnya yang besar, kuning, dan kualitasnya halus karena berdasar pengalama jeruk demikian yang rasanya manis.

dari contoh di atas, sebelm kita menentukan pihihan kita mengadakan penilaian terlebih dahulu, dan sebelum melakukan penilaian dahulu melakukan pengukuran. kita tidak dapat melakukan pengukuran. kita tidak dapat melakukan penilainan sebelum melakukan pengukuran. dalam contoh petama sebelum kita memilih, kita menilai dulu mana cincin mana yang lebih berat, dan untuk mengetaui mana yang lebih berat perlu melakukna pengukuran dahulu, dnengan menimbangnya sehingga deketahui gramnya. dalam contokh kedua sebelum kita menentukan pilihan, kita menilai dahulumana jeruk yang kita kira rasanya manis

0 komentar:

Posting Komentar