Sabtu, 27 November 2010

EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN


Evaluasi pembelajaran adalah sistem. Artinya suatu rangkaian kegiatan yang melibatkan berbagai unsur sebagai satu kesatuan. Maising masing unsur akan berpengaruh pada unsur yang lainnya.
Dalam dunia pendidikan, Evaluasi merupakan suatu kegaiatan yang tak terpisahkan dan sama pentingya dengan proses pembelajaran. Pembelajaran tanpa kegiaan evaluasi akan kehilangan makna. Sebab gutu tidak akan memeproleh informasi penting tentang tingkat pencapain tujuan, tingkat penguasaan materi belajar, kekuatan kelemahan sisawa dalam belam belajar, serta kekuatan kelemahan guru dalam proses pembelajaran yang dikembangkan.
Walaupun evalusasi di angap penting dan sudah merupakan pekrjaan rutin guru, namun dalam kenyattaannya sehari hari di lapang sistem evaluasi dalam pembelajaran bukan berarti tanpa persoalan. berdasarkan pengamatan sepintas di lapangan, beberapa persoalan tersebut paling tidak berkaitan dengan pemahaman konsep dasar evaluasi, pelaksanaan dan pemanfaatannya, serta evaluasi program pengajaran. hal hal ini yang selanjutnya akan dijadikan kajian pokok dalam tulisan ini. tulisan ini juga perlu perdebatan dan kajian lebih lanjut khususnya dikaitakan dengan persamaan dan perbedaan dengan pembelajaran dan atau siswa yang lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar